PERPUSTAKAAN UMUM

PERPUSTAKAAN UMUM

colin w. w./K1208024

Pendahuluan

Perpustakaan merupakan suatu tempat kumpulan buku dan informasi yang disusun di ruang tertentu dilengkapi dengan perlengkapan erupa sarana dan prasarana, menurut aturan tertentu, diatur dan dilayankan oleh petugas (pustakawan) dan dipergunakan oleh para pemembaca/pemakai. Istilah perpustakaan ini sendiri berasal dari kata dasar pustaka, yang berarti buku, atau kitab. Perpustakaan umum adalah lembaga layanan informasi dan bahan bacaan kepada masyarakat, oleh karena adanya masyarakat umum (yang tidak dibedakan lapisan, golongan, lapangan pekerjaan, dan lain-lain) yang akan menggunakan dan menjadi sasaran layanan perpustakaan.

Perpustakaan umum merupakan gudang ilmu yang disediakan untuk rakyat. Karena perpustakaan umum menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan dan teknologi untuk semua orang. Dalam Public Library Manifesto yang dikeluarkan oleh Unesco tahun 1950 antara lain dinyatakan bahwa perpustakaan umum  harus memberikan layanan dan sumber informasi  dan merupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan untuk semua orang, terutama mereka yang terpinggirkan. Perpustakaan umum tersedia karena masyarakat umum, oleh khalayak umum dan untuk dinikmati masyarakat umum.

Perpustakaan umum ini terselenggara atas dasar kepentingan orang banyak yang dilakukan oleh pemerintah, dengan biaya yang berasal dari masyarakat misalnya pajak dan retribusi, yang harus dikembalikan kepada masyarakat melalui layanan umum tersebut.

Perpustakaan umum memiliki tujuan utama yaitu memberikan kesempatan bagi umum untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan mereka ke arah kehidupan yang lebih baik, menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat, murah bagi masyarakat, serta membantu warga untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga yang bersangkutan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Seperti yang terungkap pada Undang-Undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007 pasal 22 tentang Perpustakaan Umum berbunyi:

  1. Perpustakaan umum diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, dan desa, serta dapat diselenggarakan oleh masyarakat.
  2. Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota menyelenggarakan perpustakaan umum daerah yang koleksinya mendukung pelestarian hasil budaya daerah masing-masing dan memfasilitasi terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.
  3. Perpustakaan umum yang diselenggarakan oleh Pemerintah,
    pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan mengembangkan sistem layanan perpustakaan
    berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Masyarakat dapat menyelenggarakan perpustakaan umum untuk memfasilitasi terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.
  5. Pemerintah, pemerintah provinsi, dan/atau kabupaten/kota melaksanakan layanan perpustakaan keliling bagi daerah yang belum terjangkau oleh layanan perpustakaan menetap.

Ciri Perpustakaan Umum

Perpustakaan Umum, yaitu perpustakaan yang memiliki ciri-ciri:

  1. dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten/kota, kecamatan, desa dan kelurahan, atau oleh masyarakat atas prakarsa dan keinginan masyarakat setempat (swakarsa),
  2. dengan dukungan dana sendiri (swadana), dan dikelola (swakelola) oleh  masyarakat yang bersangkutan,
  3. koleksinya bersifat umum  meliputi seluruh jenis dan cabang Ilmu pengetahuan dalam sistem DDC antara kelompok 000 999,
  4. pemakainya seluruh lapisan masyarakat, tanpa membedakan latar belakang pendidikan, usia, agama, etnis, jenis kelamin, strata sosial, ekonomi dan budaya, bahkan pemakainya terutama ditujukan untuk masyarakat yang kurang beruntung ditinjau dari segi ekonomi termasuk para penyandang cacat (disabilities).

Mengelola Perpustakaan Umum

Syarat-syarat mengelola Perpustakaan Umum

  1. adanya kumpulan koleksi informasi  (bahan pustaka) yang tersusun rapi,
  2. menggunakan suatu sistem tertentu,
  3. dikelola dan dilayankan oleh petugas dengan persyaratan, kemampuan, pendidikan, keterampilan tertentu,
  4. ditempatkan pada tempat, ruang atau gedung tertentu, yang secara khusus dipergunakan untuk perpustakaan,
  5. adanya masyarakat pemakai yang memang diharapkan menjadi pemakai,
  6. adanya pedoman/peraturan atau ketentuan untuk menggunakan perpustakaan tersebut, dan
  7. adanya perlengkapan, fasilitas  dan sarana prasarana untuk menunjang pemakaian perpustakaan. Seperti  meja kursi baca, meja layanan, rak buku, lemari katalog dan sebagainya.

Semua  itu dimaksudkan agar tercipta suasana yang kondusif, nyaman, tenteram, tenang untuk membaca dan belajar. Di perpustakaan menghindari terjadinya ketidakteraturan atas penyelenggaraan perpustakaan.

Perpustakaan identik dengan buku, informasi, suasana belajar, ketenangan dan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Layanan Perpustakaan Umum

Empat unsur pokok yang selalu terdapat dalam setiap jenis perpustakaan adalah:

  1. gudang;
  2. alat-alat bibliografi dan pembantu (katalog, indeks, staf pembimbing atau penasihat);
  3. ruang untuk para pengunjung; dan
  4. ruang staf.

Layanan-layanan yang sebaiknya ada dalam Perpustakaan Umum:

  1. Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi adalah layanan yang diperuntukkan untuk memonitor keluar masuknya buku dari pihak perpustakaan ke pengunjung prpustakaan. Sehingga, pengunjung dapat meminjam buku dari perpustakaan dan bisa dibawa pulang.

  1. Layanan Berkala

Layanan ini berfungsi untuk memperbarui dan mengetahui berita terkini, sehingga pengunjung dapat memperbarui berita-berita yang sedang hangat. Biasanya layanan ini berbentuk majalah, buletin dan koran.

  1. Layanan Referensi

Layanan referensi merupakan layanan yang digunakan untuk menambah referensi pengunjung. Biasanya buku-buku referensi tidak dapat dipinjam, tetapi dapat difotokopi untuk pengunjung yang menginginkan referensi yang tersedia dalam perpustakaan umum.

  1. Layanan Audio Visual

Layanan ini dapat berupa televisi atau dalam bentuk VCD yang bersifat keilmuan dan memperkaya khasanah ilmu masyarakat/pengunjung.

  1. Layanan Keanggotaan ( Registrasi )

Layanan keanggotaan ini bermaksud untuk merekrut masyarakat menjadi anggota sebuah perpustakaan umum. Serta, dapat digunakan untuk meminjam buku, atau penggunaan layanan-layanan lain yang terdapat di perpustakaan.

  1. Layanan Pemutaran Film

Layanan peutaran film ini disediakan untuk dapat menambah ilmu dan menyegarkan pikiran pengunjung dengan tidak hanya membaca tetapi juga dengan melihat dan mendengarkan. Selain menarik perhatian pengunjung, juga membuat pengunjung sering-sering datang ke perpustakaan.

Film ini dikhususkan untuk film-film bergenre keilmuan dan dapat membangun motivasi setiap pengunjung.

  1. Layanan Internet Gratis

Layanan internet gratis merupakan salah satu penarik pengunjung untuk sering berkunjung ke perpustakaan. Layanan ini mampu menambah khasanah ilmu pengunjung. Pengunjung juga dapat bertukar ilmu pengetahuan melalui dunia maya. Ini membuat pikiran masyarakat selalu up todate terhadap berita-berita yang terjadi di seluruh dunia.

  1. Layanan Hot Spot Area ( free access )

Sama seperti layanan internet gratis hanya saja layanan ini menggunakan alat pengunjung sendiri/laptop pengunjung sendiri. Sehingga pengunjung diberi kebebasan untuk menggunakan layanan ini.

  1. Layanan Taman Baca Anak

Layanan taman baca anak ini diperuntukkan untuk anak-anak yang didalamnya tidak hanya buku bacaan saja, tetapi juga berbagai alat permainan yang dapat mengasah otak anak. Anak-anak harus dibiasakan membaca sejak dini, karena anak-anak merupakan generasi muda yang akan membangun bangsa. Sejak kecil harus diperkaya dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

10.  Layanan Fotokopi

Layanan ini diperuntukkan pada pengunjung yang ingin memperbanyak buku referensi yang tidak dapat dibawa pulang.

Fungsi Perpustakaan Umum

Ada banyak fungsi yang dapat kita temukan dalam Perpustakaan umum, diantaranya:

  1. merupakan sumber segala informasi,
  2. merupakan fasilitas pendidikan nonformal, khususnya bagi anggota masyarakat yang tidak sempat mendapatkan kesempatan pendidikan formal,
  3. sarana atau tempat pengembangan seni budaya bangsa, melalui buku atau majalah,
  4. karena keragaman bahan bacaan yang disimpannya, perpustakaan sekaligus memberikan hiburan bagi pembacanya, dan
  5. merupakan penunjang yang penting artinya bagi suatu riset ilmiah, sebagai bahan acuan atau referensi.


DAFTAR PUSTAKA

Drajat. http://www.bit.lipi.go.id/masyarakat-literasi/index.php/keperpustakaan/44-peran-a-fungsi-perpustakaan (diakses pada Jumat, 26 Juni 2009 pukul 20.23)

http://forum.uin-suka.ac.id/ (diakses pada Jumat, 26 Juni 2009 pukul 8.15)

http://perpustakaan-jepara.blogspot.com/2008/02/jenis-layanan-perpustakaan-umum-kab.html (diakses pada Jumat, 26 Juni 2009 pukul 8.27)

http://pustaka.uns.ac.id/ (diakses pada Jumst, 26 Juni 2009 pukul 20.35)

http://www.madina-sk.com/ (diakses pada Jumat, 26 Juni 2009 pukul 8.09)

Mussofa. http://massofa.wordpress.com/2008/01/17/pelayanan-perpustakaan-bag-1/ (diakses pada Jumat, 26 Juni 2009 pukul 8.05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: